Kamis, 06 Mei 2010

He..He.. Kali ini saya mau coba bahas tentang setting Internet Speedy di modem ADSL.
tapi kali ini saya hanya membahas Setting Internet Speedy di modem TP-Link TD-8817 saja.
Maklum, baru belajar juga sih.. Kebetulan warnet saya menggunakan modem TP-Link TD-8817 dan menggunakan koneksi internet Speedy.

Jadi, sedikit bercerita dulu tentang pengalaman saya sewaktu baru masang koneksi Internet..
HmmM, ceritanya gini.. Untuk setingan modem yang pertama kan di setting oleh petugas Telkom nih. Terus terang nih!! dan gak pernah gelap.. he..he.. kok jadi ngoceh.. jadi, saya masih penasaran tentang gimana cara settingnya. Mungkin saja suatu saat ada kesalahan atau apalah!!! Mungkin modem rusak atau ada hal lainnya yang membuat kita harus menyetting kembali.. Nah, dari situ saya nekat deh coba-coba setting sendiri modem tadi dengan dalih rasa ingin tahu yang tinggi.Huft, dan yang terjadi koneksi malah hilang, STreesZZz dah saya jadinya. Padahal kalau saya nggak sotoi warnetnya mungkin sudah bisa jalan hari itu juga. Kemudian saya berfikir untuk coba cari-cari reverensi di internet.. Yah, terpaksa harus ngeluarin seceng lagi untuk ke warnet lain. Huft, mungkin 6 kali sudah bolak balik warnet untuk cari reverensi.. Habis dapat reverensi, dipraktekin lagi. Gagal, yah kewarnet lagi. dan akhirnya terselesaikan juga pada pukul 23.00 malam. Bayangkan seharian nyari reverensi hanya untuk tahu settingan modem. Kendati pun bolak balik mulai dari pagi sampai tengah malam yang penting saya bisa dapat cara settingnya. Huft, betul-betul pengalaman yang sangat melelahkan dan menguras otak..

he..He... kok ceritanya malah kepanjangan ya?!... pan tadi katanya cuma sedikit. Gimana sich!! Bukannya mo jelasin, eh.. malah cerita!!!
Okelah kalo begitUuU, kita langsung aja ke TKP. CekidOut!!

Pertama-tama kita nyalakan modem dulu(yang pastinya lah!!! kalo ndak nyala apanya yang mau di setting?! he..he..). Setelah itu kita buka browser.

Nah, disini saya menggunakan browser Mozilla Firefox.
Kemudian kita ketikkan deh IP modem di adress bar. untuk modem TP-Link IP standarnya adalah 192.168.1.1
Lihat gambar dibawah ini!!

Setelah itu kita tekan "enter" dan akan muncul permintaan untuk mengisi "User Name" dan "Password" modem. Untuk User Name dan password standar modem TP-Link adalah sebagai berikut:
Username=admin
Password=admin

Lihat gambar dibawah ini!!!

Masukkan password dan User name lalu pilih "OK".
Akan muncul gambar seperti dibawah ini:

Selanjutnya kita pilih"Quick Start" untuk setting cepat dengan menggunakan Wizard(settingan bantuan)
Akan muncul tampilan seperti dibawah ini:


Klik "Run Wizard"
Klik "Next"


Kemudian pilihlah Time Zone atau Zona waktu di tempat Anda!!
Jika sudah, klik "Next"

Selanjutnya pilihlah tipe koneksi yang anda inginkan!!
Apabila koneksi diperuntukkan ke banyak  banyak pengguna(misal: Warnet),
maka tipe koneksi yang kita gunakan adalah PPPoE/PPPoA.
Klik "Next"

Masukkan 12 digit nomor Speedy anda dan diakhiri dengan "@telkom.net".
Masukkan VPI dan VCI(Untuk kolom VPI dan VCI, silakan lihat referensi  Daftar VPI dan VCI untuk Modem Speedy dari Berbagai Daerah berikut, karena setting untuk tiap daerah berbeda).
Pilih tipe koneksi PPPoE LLC.
Jika sudah, klik "Next"

Setting Selesai!!
Apabila anda yakin setting sudah benar maka klik "Next" lagi.

Klik "Close" untuk mengakhiri.

Selamat mencoba dan sukses!!!

Salam hormat,
Jufri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar